Kriteria Aplikasi Keuangan Yang Harus Diperhatikan



Dalam pemilihan aplikasi akuntansi yang akan digunakan, terdapat beberapa kriteria program akuntansi yang berkualitas dari sudut pandang pengguna (user) yang harus di perhatikan adalah sebagai berikut :


a. Ketersediaan dan kelengkapan/completenes
Ketersediaan berarti apakah suatu program aplikasi telah lengkap menyediakan suatu siklus akuntansi yang standar. Kriteria ini dapatdijabarkan lebih lanjut dengan kriteria input dan output seperti dibawah ini:

1) Input
Input merupakan data yang masuk kedalam sistem informasi. Komponen ini perlu ada karena merupakan bahan dasar dalam pengolahan informasi. Sistem informasi tidak akan dapat menghasilkan informasi jika tidak mempunyai komponen input. Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan seseorang untuk mengelola keungannya dengan mudah menggunakan aplikasi, jasa pembuatan aplikasi keuangan akan membuat sistem sesuai dengan kebutuhan Anda.

2) Output
Produk dari sistem informasi adalah output berupa informasi yang berguna bagi para pemakainya. Output merupakan komponen yang harus ada dalam sistem informasi. Output dari sistem informasi dibuat dengan menggunakan model tertentu. Biasanya output berupa laporan yang di hasilkan oleh program akuntansi, antara lain meliputi laporan keuangan (neraca, laporan rugi laba, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas), laporan konsumen dan trial balance (neraca saldo).

3) Keluwesan / flexibility.
Keluwesan menunjukan bahwa sistem dalam program mudah beradaptasi sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan user yang mudah berubah.

4) Kualitas mengonversi output laporan
Apakah terdapat menu untuk mengonversi berbagai output yang dihasilkan oleh program akuntansi ke program windows yang lain, misal spreadsheet seperti microsoft excel.

5) Syarat minimal (minimum requirement) hardwar
Kriteria ini ingin menunjukan apakah program dapat running dengan sempurna (tidak menimbulkan lag) pada komponen perangkat keras yang telah di tentukan.

b. Keandalan
Keandalan menunjukan seberapa besar program dapat diandalkan untuk melakukan sebuah proses yang dapat dipercaya dan dibutuhkan. Kriteria keandalan ini dijabarkan lebih lanjut dalam poin- poin berikut ini:

1) Bentuk Verifikasi
Kriteria ini menunjukan apakah program menyediakan suatu task yang dapat memeriksa atau menguji kesalahan pada file data, menunjukan kepada user software ini mengapa data tersebut tidak dapat di gunakan, atau apakah program tersebut terdapat fasilitas yang memberikan kemudahan bagi pemakai untuk menguji data yang rusak atau data yang mungkin hilang. Kebutuhan akan perhitungan keuangan oleh banyak orang maka dari itu jasa pembuatan aplikasi finance akan membantu banyak orang dalam pembuatan aplikasi tersebut.

2) Penggunaan Digit Angka
Jumlah digit yang disediakan oleh program untuk mencatat nominal transaksi.

3) Fasilitas Audit Trail
Fasilitas audit trail merupakan fasilitas yang dapat berguna untuk memeriksa atau menelusuri jejak pemakai dalam mengoperasikan program tersebut.

c. Kemudahan Penggunaan atau easy to use
Kriteria ini dapat dilihat dari kemudahan penggunaan fitur-fitur yang ditawarkan oleh program dan tampilan dari program yang user friendly, sehingga pemakai tidak mengalami kesulitan yang berarti dalam pengoperasiannya.

Posting Komentar

0 Komentar